| 0 comments ]

Operator Dapodik Paud dan Dikmas merupakan pekerjaan yang penting dan mulia. Bahkan menurut Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas) Bapak Harris Iskandar, pekerjaan sebagai sebagai operator pendidikan jauh lebih mulia jika dibandingkan dengan pekerjaan beliau sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas). (pembukaan Workshop Pemutakhiran Data Pokok Pendidikan (Dapodik) PAUD dan Dikmas Regional IV., Agustus 2017.)

Pekerjaan sebagai operator pendataan bukanlah hal yang main-main, karena operator itu adalah administrator keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan semuanya berawal dari sini.

Kebijakan yang proposional datangnya dari informasi dan data yang bapak dan ibu selaku operator, guna mewujudkan pemerintahan yang adil. Jadi jangan harap bahwa ada yang mengatakan bahwa pekerjaan itu hanya sebagai operator data, kata hanya dihilangkan menjadi kami operator data.

Kami operator kebijakan yang menjadikan sebuah data menjadi kebijakan yang sebenar-benarnya. Dirjen berharap, Pendidikan nonformal yang dulunya seringkali dicemoohkan sebagai lembaga pendidikan yang kun fa yakun. Dimana begitu ada bantuan lembaga itu ada, dan nantinya dengan adanya pendataan seperti ini maka kedepannya tidak ada lembaga seperti demikian. Sehingga tidak ada lagi cemohan mengenai lembaga PAUD dan Dikmas.

Sebagai Operator Dapodik Paud dan Dikmas untuk tahun 2018, Bapak/Ibu operator dianjurkan menggunakan Aplikasi Dapodik PAUD 3.2.0 dan Dapodik PAUD 3.2.1. yang telah dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Rilis Aplikasi Dapodik PAUD Versi 3.2.0


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) merilis Dapodik PAUD 3.2 dan Pengisian Dapodik PAUD TA 2017/2018 Semester II (Genap) pada tanggal 17 Februari 2018.

Pihak Kemdikbud menyampaikan kepada Bapak/Ibu operator Dapodik PAUD, bahwa pengisian Dapodik PAUD semester 2017/2018 Semester II (Genap) dapat dilaksanakan mulai tanggal 17 Februari 2018 menggunakan aplikasi versi 3.2.0 yang dapat diunduh melalui tautan pada situs ini. Pengisian data dijadwalkan sampai akhir Juni 2018.

Apabila Bapak/Ibu masih mempunyai aplikasi Dapodik PAUD versi sebelumnya, caranya adalah sebagai berikut :

  1. Pastikanlah bahwa Bapak/Ibu telah menghapus/uninstall aplikasi Dapodik PAUD versi sebelumnya yang masih terinstall sebelum melakukan instalasi aplikasi versi 3.2.0.
  2. Setelah instalasi versi 3.2.0 silahkan lakukan registrasi kembali dengan kode registrasi, username dan password yang sudah digunakan sebelumnya.

Untuk Aplikasi Dapodik PAUD Versi 3.2.0. silakan unduh Aplikasi Dapodik PAUD Versi 3.2.0. yang telah dirilis resmi oleh Kemdikbud.


Rilis Aplikasi Dapodik PAUD Versi 3.2.1.



Apa tujuan dirilisnya Aplikasi Dapodik PAUD Versi 3.2.1.? Sebagaimana disampaikan oleh Kemdikbud, bahwa Aplikasi Dapodik 3.2.1 dirilis untuk perbaikan validasi NIP PNS pada Dapodik PAUD.

Caranya, silahkan unduh installer Aplikasi Dapodik versi 3.2.1 dari website ini. Lembaga dan Operator yang sudah mengunduh Aplikasi Dapodik versi 3.2.0 dapat melakukan pembaruan aplikasi dengan klik tombol update pembaruan langsung dari aplikasi.

Untuk Aplikasi Dapodik PAUD Versi 3.2.1. silakan unduh Aplikasi Dapodik PAUD Versi 3.2.1. yang telah dirilis resmi oleh Kemdikbud.

Selamat bekerja para Operator Dapodik Paud dan Dikmas, seperti Dirjen PAUD dan Dikmas, kami juga menyampaikan apresiasi kepada tim operator Dapodik PAUD dan Dikmas. Operator Dapodik PAUD dan Dikmas yang telah bekerja keras dalam mensukseskan pendataan data pokok pendidikan untuk satuan PAUD dan Dikmas.

Semoga bermanfaat, Amin Ya Allah Robbal Alamin!


Para penulis :
- Ibu Eha, S.Pd. (Guru Paud Tunas Bangsa merangkap Operator Pendidikan Paud Tunas Bangsa)
- Drs. Asep Rusmana D, S.H. (Konsultan Pendidikan)

Sumber-sumber :
- Kemdikbud.go.id
- Portal Resmi Dapodik Paud dan Dikmas (dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id)


0 comments

Post a Comment