| 0 comments ]

Himpunan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) merupakan fondasi penting dalam negeri agar anak-anak Indonesia semakin berkualitas. Karena tanggung jawab mendidik bukanlah tanggung jawab pemerintah saja, tetapi tanggung jawab komponen bangsa.

Sebagai sebuah organisasi, Himpaudi memiliki logo atau lambang. Logo Himpaudi merupakan suatu gambar atau sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili Himpunan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) sebagai sebuah organisasi.

Logo Himpaudi tentunya memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo yang berupa LAMBANG dengan posisi di tengah, Maknanya bahwa HIMPAUDI senantiasa berada di tengah-tengah masyarakat. Berikut Arti Lambang atau Logo Himpaudi yang bisa Anda simak, berikut gambar logonya dalam ukuran yang cukup besar :


ARTI LAMBANG HIMPAUDI

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan tanggung jawab kita bersama kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan berlandaskan Iman dan Taqwa

a. BENDERA MERAH PUTIH BERKIBAR : Kibaran melambangkan semangat Indonesia dan dinamika HIMPAUDI

b. LOMPATAN ANAK DAN ORANG DEWASA MEMEGANG BENDERA : Gambaran upaya meraih cita-cita bangsa Indonesia

c. ANAK (KUNING EMAS) : Melambangkan Anak Indonesia dalam usia Perkembangan Emas (Golden Age)

d. ORANG DEWASA (BIRU): Melambangkan kematangan dan kemapanan Pendidik dan Tenaga Kependidikan anak usia dini

e. HATI DIANTARA ANAK DAN ORANG DEWASA : Melambangkan pertautan hati dan kasih sayang.


Kesimpulannya : “Gerakan, Semangat HIMPAUDI Berkibar di Seluruh Nusantara Dengan Berlandaskan Iman dan Taqwa, Saling Asah, Asih dan Asuh”

Tentunya kita semua berharap kepada HIMPAUDI untuk dapat menjangkau orang tua. Orang tua selain berperan untuk membentuk karakter-karakter anak bangsa, juga sebagai penggerak. Dengan demikian HIMPAUDI hadir bukan hanya untuk mendidik saja tetapi menginspirasi bagi masyarakat.

Artinya sebagian dari tugas ini diselesaikan oleh negara dan sebagian lain diselesaikan oleh masyarakat. Tim HIMPAUDI yang merupakan komponen dari masyarakat juga penggerak untuk menyampaikan ide-ide bagi perubahan untuk pendidikan anak usia dini.

SEKRETARIAT HIMPAUDI PUSAT
Jl. Cendrawasih III No.13, RT.2/RW.3
Gandaria Selatan, Cilandak,
Kota Jakarta Selatan,
DKI Jakarta
12420


- Para penulis :
Drs. Asep R, S.H. (Konsultan pendidikan)
Ibu Eha, S.Pd. (Guru Paud Tunas Bangsa)

Sumber :

- kemdikbud.go.id
- himpaudi.or.id



0 comments

Post a Comment