| 0 comments ]

Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) telah berhasil menggelar beberapa Seminar yang berskala internasional.

Dari beberapa Seminar Internasional yang diselenggarakan Himpaudi tersebut kami sampaikan sekitar 2 (dua) Seminar yaitu Seminar Internasional "Stimulation of Early Childhood Education & Development (ECED)" yang gelar di Jakarta di penghujung tahun 2017, dan Seminar Internasional “Neuroscience as The Basis For Early Childhood” yang dilaksanakan di Bandung pada tanggal Juli 2015.

Seminar Internasional "Stimulation of Early Childhood Education & Development (ECED), diselenggarakan di Hotel Grand Cempaka – Jakarta yang beralamat di Jalan Letnan Jendral R. Suprapto Cempaka Putih Barat, Cempaka Putih Jakarta Pusat.

Selain Seminar, Himpaudi juga memberikan penghargaan pada acara Apresiasi Kompetensi Pendidik Paud “Aku Minum Air, Aku Sehat”. Penghargaan diberikan atas kerja keras Bunda PAUD Provinsi Lampung sehingga pendidikan anak usia dini Provinsi Lampung mengalami kemajuan yang pesat.

Tema yang diangkat pada kegiatan tersebut adalah “Aku Minum Air Aku Sehat” dan juga Seminar Internasional dengan mengambil tema “Stimulation In Early Childrood Education And Development To Understand The Importance Drinking Water For Health and Intelligance”.


Ketua Umum PP Himpaudi, Netti Herawati mengucapkan terimakasih kepada seluruh Himpaudi yang berasal dari seluruh Indonesia. Pihaknya sangat bangga karena, selama ini telah punya tenaga-tenaga pendidik yang luar biasa. Mereka telah memberikan pengajaran kepada anak-anak dengan penuh kesabaran, penuh karakter, sehingga bisa melahirkan genarasi yang kuat.

Netti Herawati juga berharap, dari kegiatan ini para pendidik dapat membangun pemebelajaran yang baik benar utamanya dalam rangka minum air sehat dan menyehatkan. Diharapkan dengan pembelajaran dan pendidikan karakter yang baik kepada anak-anak usia dini, utamanya dalam minum air, akan membuat mereka tumbuh menjadi generasi yang sehat dan kuat.

Berikut kami sampaikan juga Materi Seminar Internasional Himpaudi yang bertema "Stimulation of Early Childhood Education & Development (ECED)" tersebut. Silakan Anda bisa mengunduhnya pada list Materi Seminar berikut ini :

  1. Materi #1 Prof. Dr. Ir. Netti Herawati, M.Si | silakan bisa diunduh disini
  2. Materi #2 Carol Lesley M.Ed B.Sc (Hons), Mont.Dip | silakan bisa diunduh disini
  3. Materi #3 Marilou Hyson, PhD & Ellen Patricia, MA(Counseling), CLC, CMC | silakan bisa diunduh disini
  4. Materi #4 Prof. Dr. Hardinsyah, MS | silakan bisa diunduh disini
  5. Materi #5 Shareen M. Ratnani, M.Ed, B.Ed (Early Childhood Studies), Montessori Diploma, Parent Coach (RBC) | silakan bisa diunduh disini


Selanjutnya Seminar yang kedua adalah Seminar Internasional Neuroscience as the basis for Early Childhood Education and Development ini diselanggarakan di Gedung Achmad Sanusi UPI Bandung pada Kamis tanggal 30 Juli 2015. Seminar tersebut dihadiri oleh ribuah guru PAUD dari berbagai daerah, termasuk dari Singapura, Vietnam dan negara lainnya. Tak ketinggalan tentunya PC HIMPAUDI KECAMATAN KADUDAMPIT Kab. Sukabumi Jawa Barat pun mengirimkan utusannya dalam kegiatan tersebut.


Seminar Internasional tersebut menghadirkan narasumber dari Kanada Prof. Adele Diamond, Ph.D ahli neurosains dari University of British Columbia, didampingi oleh Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D. dan Fery Farhati Baswedan, S.Psi., MS. seminar ini akan mengulas Perkembangan Terbaru Neurosains sebagai Dasar Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini.

Seminar dengan tema "Neuroscience as the Basis for Early Childhood Education and Development" dari Neurosains untuk Pendidikan Anak Usia Dini dilaksanakan sehari penuh pada hari Kamis 30 Juli 2015 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Seminar disambung workshop oleh Dr. Pukovisa, Dr. Johny, drg. Anne Gracia, dkk dari Ikatan Neurosains Terapan Indonesia.

Kedua Seminar Internasional tersebut berjalan sukses berkat Rahmat Allah SWT. dan karena kerjasama yang baik antara Himpaudi, Pemerintah, Para Guru di lingkungan Himpaudi, dan masyarakat pendidikan pada umumnya. Semoga bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Robbal 'Alamin!


Para penulis :
- Drs. Asep Rusmana D, S.H. (Konsultan Pendidikan)
- Ibu Eha, S.Pd. (Guru Paud Tunas Bangsa)

Sumber-sumber :
- Kemdikbud.go.id
- Himpaudi.or.id
- Blog Himpaudi Jabar
- Blog Himpaudi Kadudampit
- Harian Pilar


0 comments

Post a Comment