| 0 comments ]

Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi), selain telah berhasil menggelar beberapa Seminar Internasional, juga telah sukses melaksanakan beberapa Seminar Nasional (Semnas) yang bersifat Nasional.

Penulis yang berprofesi sebagai pengajar PAUD, juga telah mengikuti salah satu Semnas (seminar literasi Himpaudi) yang digelar oleh Himpaudi yang bekerjasama dengan Trans Studio Bandung dengan tema 'Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku PAUD' di Trans Studio Bandung, Senin dan Selasa tanggal 27 Februari 2018.

Seminar ini merupakan rangkaian dari Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku (Gernas Baku), atau sebuah gerakan nasional kolaborasi antara pemerintah, penggiat peduli pendidikan anak usia dini, perguruan tinggi, dan dunia usaha dalam rangka partisipasi keluarga dan lembaga PAUD untuk menumbuhkan budaya membaca.

Ketua Himpaudi, Prof. Dr. Ir. Netti Herawati mengatakan, gerakan nasional ini dilakukan mengingat minimnya budaya baca di Indonesia. Berdasarkan hasil survei BPS tahun 2015, hanya di 13,11 persen anak usia sekolah yang membaca buka, angka ini jauh dibandingkan dengan yang menonton televisi yakni, 91 persen.

Direktur Pendidikan Keluarga Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Dr. Sukiman mengatakan, berdasarkan hasil survei internasional tahun 2015 menunjukkan bahwa minat baca anak-anak Indonedia berada pada urutan ke 64 dari 72 negara.


Pembinaan Pendidikan Keluarga (Dit. Bindikkel) Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas), menggelar Sosialisasi Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) sejak 26 s.d 27 Febuari 2018 dengan tujuan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak.

Menurutnya, tujuan gerakan ini adalah untuk membiasakan orang tua membacakan buku bersama anak-anak mereka. Mempererat hubungan sosial-emosional antara anak dan orang tua. Menumbuhkan minat baca anak sejak dini.


Salah satu Penulis Ibu Eha, S.Pd. (paling kanan), mengikuti Seminar Gernas Baku bersama para Guru Paud lainnya.


Selanjutnya kami sampaikan materi RkornasS, Rakernas, Semnas Himpaudi 2018

  1. Materi #1 VERSI SINGKAT ARAH KEBIJAKAN PP HIMPAUDI BAHAN RAKERNA 3 BANDUNG 25 SD 26 FEBRUARI 2018 | silakan bisa diunduh disini
  2. Materi #2 Presentasi Gernas BAKU | silakan bisa diunduh disini
  3. Materi #3 GLN pada Gernas Baku | silakan bisa diunduh disini

Selanjutnya Seminar Gerakan Nasional Perbaikan Gizi Anak Usia Dini yang diselenggarakan oleh Himpunan pendidik dan Tenaga Kependidikan (HIMPAUDI), Rabu, 30 Agustus 2017.




Seminar yang diselenggarakan di Tzi Chi Center, Aula Jing Si, Lt. 4, Jalan Pantai Indah Kapuk Boulevard, Jakarta Utara tersebut mendatangkan pembicara antara lain: Ir. Harris Iskandar, Ph.D (Direktur Jenderal PAUD dan Diknas Kemendikbud RI.), Hanibal Hamidi (Direktur PSD Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi), Prof. Dr. Ir. Fasil Jalal, Ph.D (Guru Besar UNJ), Prof. Dr. Ir. Netti Herawati, M.Si (Ketua Umum PP HAMPAUDI, Guru Besar Gizi dan Pangan Universitas Riau), dan Iing Felicia Joe, MBA (Praktisi PAUD, Kepala PAUD Tzu Chi).

Acara ini diadakan untuk memberi wawasan bagi orang tua dan anak agar dapat mengaplikasikan tata cara mendidik anak menciptakan generasi anak yang mempunyai karakter kuat, cerdas, promotif, preventif dan kuratif menyongsong genersi cerdas berintegritas.


Materi "Gerakan Nasional Perbaikan Gizi Anak Usia Dini" - TZU CHI CENTER JAKARTA, 30 AGUSTUS 2017:

  1. Materi #1 Bahan Presentasi Stunting – Dirjen – Himpaudi | silakan bisa diunduh disini
  2. Materi #2 Ppt Dir. Psd_seminar Himpaudi | silakan bisa diunduh disini
  3. Materi #3 Urgensi & Dampak Stunting Terhadap Kecerdasan & Produktivitas Kerja – Hut Himpaudi | silakan bisa diunduh disini

Selanjutnya Seminar Nasional tentang Kurikulum 2013, yang dihadiri sekitar 8000 pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini dari berbagai daerah menghadiri Seminar Nasional tentang Kurikulum 2013 yang digelar Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada Sabtu (14/3/2015).

Seminar yang bertemakan "Substansi, Tinjauan, dan Implemetasi KURIKULUM 2013 PAUD” tersebut digelar juga untuk memperingati Hari Ulang Tahun HIMPAUDI yang ke-10. Peserta seminar yang sebagian besar wanita sempat kecewa lantaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, yang dijadwalkan hadir sebagai keynote speaker, ternyata tidak hadir.


Materi Seminar Nasional (Semnas) “Implemetasi KURIKULUM 2013 PAUD” berikut ini:

  1. Materi #1 TINJAUAN AKADEMIK DAN STRATEGI IMPLEMENTASI K13 PAUD | silakan bisa diunduh disini
  2. Materi #2 KEBIJAKAN IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI | silakan bisa diunduh disini
  3. Materi #3 IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 dalam PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI | silakan bisa diunduh disini
  4. Materi #4 Strategi Interaksi Antara Pendidik Dan Anak | silakan bisa diunduh disini
  5. Materi #5 KURIKULUM NASIONAL PAUD DARI SUDUT PANDANG NEUROSAINS TERAPAN | silakan bisa diunduh disini
  6. Materi #6 Pendekatan Saintifik Dengan Memanfaatkan Sumber Daya Alam Sekitar | silakan bisa diunduh disini

Semoga bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Robbal 'Alamin!


Para penulis :
- Ibu Eha, S.Pd. (Guru Paud Tunas Bangsa)
- Drs. Asep Rusmana D, S.H. (Konsultan Pendidikan)

Sumber-sumber :
- Kemdikbud.go.id
- Himpaudi.or.id



0 comments

Post a Comment