| 0 comments ]

Sosialisasi Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku), telah dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga (Dit. Bindikkel) Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas). Tujuannya adalah untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak.

Tujuan gerakan ini adalah untuk membiasakan orang tua membacakan buku bersama anak-anak mereka. Mempererat hubungan sosial-emosional antara anak dan orang tua. Menumbuhkan minat baca anak sejak dini, demikian seperti diungkapkan Sukiman selaku Direktur Dit.Bindikkel Ditjen PAUD & Dikmas.

Salah satu acara sosialisasi telah dilaksanakan oleh Himpaudi yang bekerjasama dengan Trans Studio Bandung dengan tema 'Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku PAUD' di Trans Studio Bandung, Senin dan Selasa tanggal 27 dan 28 Februari 2018.

Pada acara tersebut semua peserta yang terdiri dari “Bunda PAUD” dari seluruh Provinsi hingga desa di Indonesia, Pendidik dan Tenaga Pendidikan PAUD yang tergabung dalam Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi). Serta para penggiat PAUD hingga berjumlah 4.000 orang lebih, hadir menggunakan biaya sendiri.

Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis Jadwal Gernas Baku atau Gerakan Orang-tua Membacakan Buku di Satuan PAUD/Komunitas, pada tanggal 5 Mei 2018. Dengan Panduan sebagai berikut :

  1. Acara 1 | Penyambutan
  2. Acara 2 | Mempersilahkan orang tua dan anak memasuki ruang kelas
  3. Acara 3 | Doa Bersama
  4. Acara 4 | Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
  5. Acara 5 | Penjelasan oleh Guru Tentang Kegiatan yang Akan Dilakukan
  6. Acara 6 | Gerak dan Lagu
  7. Acara 7 | Pelaksanaan Membaca Buku dan Diskusi dengan Anak
  8. Acara 8 | Penguatan oleh Guru Pemandu

Para guru dan orang-tua siswa, harus memahami arti dan tujuan dari Gernas Baku ini yang bisa dipelajari dari gambar resmi dari Kemdikbud berikut ini:


Dengan adanya Gernas Buku, para orang tua lebih sering meluangkan waktunya untuk membacakan buku bagi anak mereka dan memiliki peran dilembaga PAUD, sehingga kedepannya terbentuk perpustakaan di lembaga-lembaga PAUD yang dikelola oleh paguyuban orang tua.

Demikian penjelasan dari kami mengenai Panduan atau Pedoman Pelaksanaan Gerakan Orang-tua Membacakan Buku (Gernas Baku). Semoga bermanfaat!


Para penulis :
- Drs. Asep Rusmana D, S.H. (Konsultan Pendidikan)
- Ibu Eha, S.Pd. (Guru Paud Tunas Bangsa)

Sumber-sumber :
- Kemdikbud.go.id
- Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat


0 comments

Post a Comment